Journal zerowaste 

Pada hari rabu kemarin (28-3-2018) aku mengikuti seminar ekspedisi zero waste dengan kak Siska nirmala yang biasanya di panggil kak Pita (nara sumber). Waktu disana aku tidak mendengarkan banyak tapi aku membaca buku nya sampai habis ( zero waste adventure) semua isi seminar nya ada di buku zero waste adventure. 


Pertama kami diceritakan tentang pengalaman ekspedisi nolsampah , awalnya ekspedisi ini dimulai dari kegelisahan kak Siska dan teman-teman nya tentang Permasalahan sampah yang semakin buruk dan kebiasaan para pendaki gunung meninggalkan sampah.


Kak Pita menceritakan salah satu pengalamannya, pada saat camping kak Pita dan teman-temannya sedang memungut sampah , salah satu nya botol plastik. Kak Pita dan teman-teman mendapatkan sampah botol plastik sebanyak 1 plastik besar habis itu sampah nya dibuang ke pos pendakian gunung. Setelah itu kak Pita bertanya kepada bapak penjaga pos, "terus sampah-sampah nya di apakan?"

Lalu bapak itu menjawab, "Ada yang di kubur di tanah biasanya juga yang botol plastik di ambil oleh warga sekitar." 

"Tapi tidak semua botol plastik nya di ambilkan?" Kak Pita tanya lagi. 

"Tidak juga sih......" Jawab bapak penjaga pos. 

Menurut kak Pita masalah sampah ini belum selesai karena sama saja seperti kita memungut sampah setelah itu kita pindah kan ke tempat lain. 


Lalu kak Pita punya ide untuk membuat ekspedisi nolsampah. Ekspedisi nolsampah adalah perjalanan tanpa menghasilkan sampah.


Tips-tips dari Kak Pita mempersiapkan perjalanan minim sampah: 


- Membawa tempat berulang pakai untuk mengemas makanan dan bahan-bahan makanan.

- Membawa 2 buah tumbler berisi air (atau secukup nya) 

- Membawa makan yang tidak menggunakan kemasan seperti buah-buahan, sayur-sayuran.

- Belanja bahan makanan di pasar atau penduduk setempat.


  

Komentar