Jumat, 27 Juli 2018

Pulang ekspedisi/hari ke 5

20/7/2018

Pagi yang indah

Pagi pukul 05:30 aku bangun tidur. Begitu bangun tidur di luar sudah terang sekali karena  matahari sudah terbit. aku langsung keluar dari tenda karena ingin ke toilet. Setelah bersih bersih aku mencuci tempat makan yang masih kotor sehabis  di pakai makan semalam. Karena aku juga harus shalat aku segera shalat, kemudian langsung packing baju, dari kemarin aku sudah mulai packing jadi kali ini aku tidak kerepotan apalagi yang biasanya susah banget menutup resleting tas kali ini tidak. Setelah semua  selesai packing waktunya bongkar tenda! Melipat tenda yang regu kami pakai sangat gampang  karena ukurannya kecil. Setelah melipat tenda kami bermain sebentar, sembari bermain kami melihat kak Shanty, mentor kami  membawa sebuah kantung berisi stik cumi yang akan dibagikan kepada kami semua. Tak lama kemudian setelah semua beres kami jalan menuju pangkalan kapal dekat tempat berkemah.

Pulang menuju Jakarta

Kapal sudah berhenti dengan sempurna di pangkalan kapal, waktunya untuk naik. Kapal yang kali ini kami gunakan adalah kapal kayu Dolphin Express. Karena menggunakan kapal kayu dan arus disini sangat kencang jadi di kapal berguncang sangat keras bahkan air laut nya masuk kedalam kapal. Tapi di kapal kayu ini banyak udara yang masuk jadi disana tidak panas. Waktu di kapal aku sempat hampir jatuh karena kapal bergoyang dengan kencang, kak  Tata bahkan sempat terjatuh dan menggelindin! Sebelum nya aku sudah minum obat anti mabok jadi waktu di kapal tidak terlalu pusing. Angin menghembus kencang, arus juga sedang kencang sementara yang di dalam kapal sudah oleng. Kapal yang satu ini langsung berangkat ke Jakarta kapal ini hanya transit di p.karya dan p.pramuka.

Sampai di pelabuhan kali adem

Sesampainya disana kami langsung turun dari kapal dan naik bus dari pelabuhan kali adem menuju stasiun kota. Waktu kami akan berangkat menggunakan bus ternyata supir nya masih makan siang padahal ini masih pukul 10:00 rajin banget supir nya. Karena di luar sangat panas jadi kami meminta supir nya membukakan pintu bus, tapi pak supir malah marah. Akhirnya setelah keringat ku bercucuran pintu bus pun di buka tapi belum bisa masuk. Kira kira 5 menit kemudian kami baru boleh masuk. Setelah itu kami berangkat menuju st. Kota. Sampai disana aku bertemu orangtuaku sedang menunnggu aku dan kak Dinda pulang. Alhamdullilah, perjalanan eksplorasi yang seru berakhir disini.