Selasa, 30 Juni 2020

ulik profesi unik - klub jelajah ilmu

Ulik profesi unik

Bunda Wulansary 
seorang dosen dan petani oraganik yang membuka usaha bernama Zona Sehat dari Sidoarjo.

Berawal dari kegiatan sehari-hari yaitu bercocok tanam dan mengelola sampah, bunda Wulan jadi memahami tentang sampah organik dan kondisi pertanian di Indonesia. 

Masalah: 
1. kebanyakan pertanian di Indonesia dilakukan dengan cara yang tidak alami, contohnya menggunakan pupuk kimia.
2. Kurangnya lahan dan petani.

Solusi:
Menggerakan banyak orang menjadi petani organik dan membangun usaha sumber pangan yang aman dan sehat.

Dimulai dari rumah, bunda Wulan bersama beberapa tetangganya menanam  tanaman pangan dihalaman rumah untuk usahanya yang bernama 'Zona sehat' yaitu usaha sumber pangan. Tak hanya itu bunda Wulan juga bekerjasama dengan petani-petani organik dari berbagai macam tempat seperti Trawas, Malang dan nganjuk. Dari sini kak Wulan menyerap produk petani lokal dan mendorong para petani untuk beralih ke Organik.


Bunda Nina 
owner warung 'Semi isi ulang' dan 'Kopiiyeko' dari bekasi.

Berawal dari kegiatan rumah tangga seperti mengurus sampah, mengompos, memasak, bersih-bersih rumah dan lain sebagainya, bunda Nina sadar masih sering menghasilkan sampah dari kemasan sekali pakai, hal itu membuat bunda Nina bertekat untuk diet sampah dengan mulai mengurangi sampah, mengatur pola makan, mengganti  bahan pembersih dan menghindari kemasan satuan. Bunda Nina menemukan masalah-masalah kecil seperti...

Masalah:
Saat ini hampir semua produk pangan yang dijual di pasar maupun di supermarket menggunakan kemasan sekali pakai. Karena itu, bunda Nina kesulitan membeli makanan tanpa kemasan. Tak hanya itu keluarga bunda Nina juga menyukai minuman kopi namun memiliki masalah yang sama saat membelinya, selalu saja dikemas sekali pakai.

Solusi:
Membangun usaha isi ulang kebutuhan sehari-hari rumah tangga dan juga kedai kopi zerowaste.

Warung isi ulangnya  yang bernama 'Semi' menjual beberapa kebutuhan sehari-hari rumah tangga seperti sabun, lerak, madu, bumbu dapur dan perlengkapan zerowaste lainnya. Di warung isi ulang milik bunda Nina ini kita dapat membeli produk dengan kemasan yang kita bawa sendiri. Semi juga tidak memiliki toko seperti bulkstore, biasanya bunda Nina berjualan di bazar-bazar.

Sementara di kopiiyeko kita dapat membeli kopi satu liter dengan gelas kaca yang bisa di isi ulang. Tak hanya kopi, disini juga menjual es kokoa.


Bunda Vebrina 
owner Kirin kimbap restoran Korea halal di Malang sejak 2012.

Masalah:
 Banyak anak muda yang ingin mencicipi masakan Korea, sayangnya kebanyakan restoran Korea mengandung bahan yang tidak halal.

Solusi:
Bunda Rina membangun usaha restoran Korea yang semua bahannya halal (Sudah terverifikasi MUI) dan harganya terjangkau.

Bunda Rina juga menjual frozen food dan bahan makanan Korea yang bisa delivery, wadahnya bisa dikembalikan lagi dan akan mendapatkan bonus satu makanan dari Kirin kimbap. 

Saat masa pandemi restoran bunda Rina tetap buka juga mempekerjakan karyawannya kecuali pekerja part time.


Aku jadi belajar, dari masalah sehari-hari yang kita alami bisa diselesaikan dengan segala hal yang kita miliki hingga menjadi sebuah profesi yang dapat membantu banyak orang disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar